top of page
  • madumanishillary

Jenis-Jenis Madu di Indonesia

Madu merupakan bahan makanan alami dari nektar tumbuhan yang dihasilkan oleh lebah madu. Mengingat ada banyak sekali tumbuhan yang bisa menjadi sumber nektar, jenis madu yang akan Anda temui di pasaran juga sangat beragam. Sejak pandemi Covid-19, banyak masyarakat semakin peduli kesehatan dan giat mengonsumsi ragam vitamin atau suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Produk seperti madu menjadi salah satu yang paling diburu karena berbagai manfaat yang dimilikinya. Nah berikut ini adalah beberapa jenis madu yang ada di Indonesia.

  • Madu Manuka

Jenis madu paling populer yang pertama adalah manuka honey atau madu manuka. Madu manuka dikenal karena sifat antibakterialnya. Madu langka yang berwarna gelap ini diproduksi di Selandia Baru dari bunga semak Pohon Teh (Tea Tree). Madu manuka lebih disukai karena manfaat kesehatannya sebagai obat daripada rasanya. Penelitian menunjukkan bahwa madu manuka adalah pengobatan yang sangat efektif untuk luka, dan FDA juga telah menyetujui penggunaannya untuk tujuan tersebut.


Madu ini seringkali digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka bakar dan bahkan tukak diabetes, karena sifat antibakterinya dan kemampuannya untuk menjaga lingkungan asam yang lembap dan kondusif untuk penyembuhan sambil mendorong pembentukan sel-sel baru. Kegunaan lain madu manuka untuk pengurangan peradangan pada IBS dan pasien kolitis ulserativa, kulit yang berjerawat, dan pasien dengan fibrosis kistik. Madu manuka juga disarankan untuk mengobati sakit tenggorokan dan menjaga kesehatan mulut yang baik.

  • Madu Multiflora

Lebah menghasilkan madu multiflora dengan cara mengumpulkan nektar dari berbagai macam tanaman. Madu berasal dari cairan manis yang dikeluarkan tanaman, cairan ini disebut dengan nektar. Nektar tanaman mengandung molekul bioaktif utama yaitu plavonoid dan polifenol. Molekul bioaktif ini menjadi faktor penanggung jawab utama madu sebagai antioksidan.


Masing-masing tanaman menghasilkan nektar yang mengandung molekul bioaktif yang mempunyai keunikan tersendiri. Madu multiflora berasal dari nektar banyak jenis tanaman sehingga mengandung berbagai macam flavonoid dan polifenol yang memberikan manfaat antioksidan bagi tubuh lebih baik.

  • Madu Akasia

Jenis madu paling populer yang kedua adalah acacia honey atau madu akasia. Madu akasia memiliki tampilan ideal dari apa yang orang pikirkan ketika mendengar kata "madu". Warna kuning mudanya merepresentasikan rasanya yang sangat manis dengan aksen bunga dan rasa madu murni. Akasia menjadi jenis madu paling populer karena mengandung fruktosa tinggi dan rendah glukosa, sehingga lambat mengkristal dan merupakan salah satu dari madu yang dapat dinikmati sebagian penderita diabetes.


Madu akasia adalah varietas madu lainnya yang mengandung flavonoid tinggi, antioksidan yang dipercaya dapat membantu melawan penyakit jantung dan bahkan beberapa jenis kanker. Ini juga diyakini efektif melawan sejumlah bakteri resisten karena bahan-bahannya perlahan-lahan melepaskan hidrogen peroksida, asam yang memecah dinding sel bakteri.

  • Madu kaliandra

Madu kaliandra diproduksi oleh lebah madu dengan cara mengumpulkan cairan manis (nektar) yang berasal dari bunga kaliandra merah (Calliandra calothyrsus). Tanaman kaliandra tumbuh subur di daerah pegunungan yang terpencil, jauh dari areal pertanian sehingga menghasilkan madu organik yang bebas dari pestisida.


Madu kaliandra terkenal karena mempunyai antioksidan yang tinggi. Kadar senyawa fenolik dalam madu kaliandra ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan madu randu dan madu karet. Senyawa fenolik dan flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, maka dari itu madu ini terbilang langkah di Indonesia.

  • Madu Karet

Jenis madu paling populer kali ini berasal dari Indonesia, yakni madu karet. Sesuai dengan namanya, madu karet berasal dari bunga tanaman karet. Madu karet dihasilkan oleh para lebah madu yang menghisap nektar bunga dari tanaman karet. Madu yang dihasilkan dari bunga kapuk randu. Jenis madu ini memiliki warna cokelat muda bening, dengan rasa yang manis dan agak asam.


Saat di simpan dalam jangka waktu yang cukup lama, jenis madu ini akan membentuk kristal. Seperti jenis-jenis madu lainnya, madu karet juga terkenal berkhasiat karena mampu mengobati beragam penyakit. Sebut saja gatal-gatal pada kulit, reaksi alergi, keputihan pada wanita, luka bakar, sampai meningkatkan daya tahan tubuh semuanya bisa Anda dapatkan dari madu karet ini.

3 views

Recent Posts

See All
bottom of page